Kuisioner Kurikulum Merdeka Untuk Guru, Siswa dan Civitas Lainnya

Kuisioner Kurikulum Merdeka Untuk Guru, Siswa dan Civitas Lainnya


ONLINEPLUS.ID – Kuisioner Kurikulum Merdeka Untuk Guru, Siswa dan Civitas Lainnya – Menindaklanjuti kebutuhan data tentang kesiapan implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah, mohon kerjasama guru, siswa, dan sivitas lainnya di madrasah yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi kuesioner yang telah disediakan pada tautan berikut: https://s.id/MadrasahKurikulumMerdeka . Waktu pengisian survey hingga tanggal 10 November 2023.

Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah menyajikan dua bentuk struktur kurikulum, yaitu struktur kurikulum pada madrasah yang menerapkan kurikulum 2013 dan struktur kurikulum merdeka.

Hal ini menujukkan bahwa madrasah memiliki pilihan untuk menerapkan kurikulum sesuai dengan kesiapan dan kondisi madrasah. Namun, untuk menyukseskan dan mendorong setidaknya lebih dari 50% lembaga madrasah menerapkan kurikulum merdeka (dimana tahun 2023 baru mencapai 31,32%), Kementerian Agama, dalam hal ini Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, perlu menyiapkan diri dan strategi yang baik untuk mencapai implementasi kurikulum merdeka yang optimal.

Kuesioner ini adalah bagian dari proses penelitian yang berkontribusi untuk turut menyuskeskan implementasi kurikulum merdeka di madrasah dengan menghasilkan rekomendasi kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan madrasah.

Implementasi kurikulum merdeka ini dibutuhkan berbagai pihak yang mendukung dengan optimal dan berkelanjutan untuk mencapai long-life learning sebagai salah satu kebutuhan pada Edukasi 5.0. Oleh karena itu, informasi powerful dengan visualisasi yang baik dapat memudahkan pengambilan keputusan bagi para pihak eksekutif, guru, hingga siswa dalam proses mengimplementasikan kurikulum merdeka di madrasah.

Demikian surat ini disampaikan. Terima kasih atas kerjasamanya
Baca Juga  Kumpulan Buku Kultum dan Khutbah Ramadhan