Pembahasan Soal Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Materi 4.5. Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah

Pembahasan Soal Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Materi 4.5. Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah


ONLINEPLUS.ID – Pembahasan Soal Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Materi 4.5. Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah

1. Guru dalam menjalankan tugas dan fungsinya terkait langsung dengan pendidikan peserta didik Agar memiliki berdimensi ukhrowi dan bernilai ibadah maka proses pembelajaran hendaknya didorong oleh niat yang baik dan dilakukan sesuai peraturan yang berlaku. Pernyataan yang tepat terkait hal tersebut adalah

A. Menjalankan tugas dan fungsi guru adalah kewajiban agama yang berkonsekuensi surga dan neraka saja

B. Menjalankan tugas dan tungsi guru adalah kewajiban Untuk menjelankan perintah agama sekaligus kewajiban karena adat/peraturan

C. Menjalankan tugas dan tungsi guru adalah kewajban kerena dasar adat/peraturan yang tidak ada konsekuensi surga-neraka
D. Menjalankan tugas dan fungsi guru merupakan kewajban sebagai hamba yang beragama dan tidak terkait dengan dunia

2. Kurikulum memiliki fungsi menyiapkan generasi penerus bangsa agar siap menghadapi tantangan di zamannya sekaligus mewariskan budaya bangsa. Karena itu kurikulum mengalami perubahan beberapa kali. Pertimbangan paling penting perubahan kurikulum adalah…
A Mengikuti perubahan politik yang terkait pendidikan

B. Menyesuaikan dengan kemampuan peserta didik

C. Mengikuti perkembangan tantangan zaman

D. Menyederhanakan materi pelajaran yang sangat padat

3. Dalam membentuk kompetensi keterampilan yang dibutuhkan abad-21 Kurikulum Merdeka menyarankan paradigma pembelajaran konstruktivisme sebagai acuan pembelajaran. Karena itu prinsip pengelolaan pembelajaran perlu…

A. Guru bertindak sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran

B. Pembelajaran diarahkan untuk menggunakan pembelajaran berdifferensiasi

C. Guru lebih aktif mendampingi siswa dalam belajar

D. Memperhatikan karakteristik peserta didik

4. Madrasah adalah sekolah umum berciri khas agama Islam. Hal yang harus ditanamkan dalam implementasi proses pendidikan di madrasah adalah memperkuat nilai-nilai keagamaan. Pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah

A. Nilai spiritual keagamaan mewarnai cara berfikir dan bersikap dalam praktik pendidikan di madrasah

B. Pendidikan agama dan umum harus dipisahkan secara tegas, supaya masing-masing dapat berjalan sesuai dengan target

C. Madrasah mengajarkan pendidikan agama Islam lebih banyak dari pada di sekolah

D. Semua aktivitas pratik pendidikan di madrasah diorientasikan dalam konteks beribadah kepada Allah SWT

5. Kemampuan generasi mendatang hendaknya tidak lagi fokus pada pengetahuan karena internet telah menyediakan segalanya, namun keterampilan hidup abad-21 yang senantiasa akan dibutuhkan untuk menghadapi perubahan yang tidak menentu. Berdasarkan situasi tersebut, pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah…

A. Pendidik harus menyesuaikan dengan konstruksi kurikulum

B. Pembelajaran diorientasikan untuk menumbuhkembangkan nalar kritis dan kreatif

C. Kurikulum harus fokus dalam membentuk karakter peseta didik

D Peserta didik dalam pembelajaran harus dikenalkan penggunaan teknologi

6. Salah satu prinsip dimensi ukhrawi dalam pendidikan adalah bahwa hubungan guru dengan peserta didik diikat dengan mahabbah fillah, bukan transaksional. Gambaran prinsip tersebut dapat dilihat seperti pernyataan berikut…

A. Ikatan mahabbah fillah terjadi jika antara guru dengan peserta didik ada rasa saling kasih sayang yang memunculkan amal shalih mencapai ridla Allah SWT.

B. Layanan yang diberikan oleh guru sangat tergantung dan dapat diukur dengan seberapa imbalan yang diterima

C. Hanya dengan ikatan hubungan mahabbah fillah ini antara guru dengan peserta didik saling memengaruhi/menolong sesuai dengan tugas dan fungsi

D. Guru mengajar sangat ditentukan oleh kondisi peserta didik. Jika mereka bersikap baik maka guru akan mudah memberikan pembelajaran

7. Seiring dengan perkembangan zaman yang cenderung sekuler dan hedonis, maka pendidikan di madrasah perlu mengembangkan proses pendidikan yang memiliki dimensi ukhrawi. Pernyataan yang tepat terkait prinsip tersebut adalah_

A. Aktivitas dunia dan akhirat adalah terpisah tidak bisa saling diintegrasikan

B. Semua aktivitas pembelajaran di madrasah tidak ada kaitannya dengan ibadah

C. Peserta didik dibekali ilmu agama yang lebih banyak dan mendalam

D. Aktivitas belajar dan mengajar yang terkait dengan kehidupan ukhrawi bernilai ibadah
8. Kurikulum Merdeka diyakini sebagai kurikulum yang memerdekakan kepada semua pihak. Kemerdekaan tersebut tercermin dalam kebijakan sebagai berikut….

A. Kebijakan capaian pembelajaran yang disusun berdasarkan fase-fase

B. Adanya asesmen awal yang berfungsi melihat kemampuan peserta didik

C. Kebebasan guru dalam menentukan capaian pembelajaran

D. Sistem implementasi yang mewajibkan antar guru saling berkolaborasi

9. Praktik pembelajaran berdiferensiasi disiapkan dalam Kurikulum Merdeka disarankan untuk menanggulangi kekurangan praktik pembelajaran yang selama ini berjalan. Diantara hal ini yang ingin diperbaiki adalah…

A. Proses penilaian dengan standar yang sama untuk semua peserta didik supaya terjadi adanya keadilan/objektivitas untuk mereka

B. Memperlakukan peserta didik dalam pembelajaran. tanpa memperhatikan tingkat kemampuan, minat, dan kecenderungan peserta didik

C. Praktik pembelajaran dengan perlakuan yang adil dengan guru memberikan tugas yang sama kepada semua peserta didik

D. Praktik kurikulum yang menyamaratakan semua kemampuan peserta didik dalam capaian pembelajaran
10. Dalam konsep paradigma Pendidikan Islam, proses belajar dan mengajar sangat diwajibkan sebagai bentuk ibadah yang sangat mulia di sisi Allah SWT. Pernyataan yang tepat terkait prinsip tersebut adalah…

A. Peserta didik memilih konsentrasi pada mata pelajaran IPS karena pada saatnya akan dapat mengantarkan sukses

B. Hanya pembelajaran yang terkait mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang mengandung nilai ibadah

C. Peserta didik yang memilih peminatan IPA tidak terkait ibadah, jika tidak mau mempelajari ilmu agama

D. Peserta didik yang memilih peminatan IPA bernilai ibadah karena sedang menyiapkan diri menjalanan fardlu kifayah untuk memerankan profesi tertentu

Demikian informasi tentang Pembahasan Soal Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Materi 4.5. Perubahan Paradigma Pendidikan Madrasah, Semoga bermanfaat
Baca Juga  Latihan Soal Pretes PPG Mapel Kimia